Konotasi Masalah

Konotasi Masalah

Majalah ISMA, Cianjur - Berbicara tentang suatu masalah, sebagian orang beranggapan bahwa masalah itu adalah sebuah petaka, walaupun tidak dapat dipungkiri memang di timpa oleh sebuah masalah itu adalah hal yang cukup berat. Setiap orang pasti mempunyai konotasi tersendiri terkait kata “masalah”, ada yang beranggapan bahwa masalah itu sebagai bencana dan juga ada yang beranggapan masalah itu sebagai rencana dan mungkin masih banyak perspektif lainnya yang mempunyai arti terkait suatu masalah.  
   
Orang yang menganggap masalah itu sebagai bencana ialah orang yang cenderung sering kali menghindari dari yang namanya masalah dan selalu kesusahan untuk dapat menyelesaikannya, mungkin karna sugesti yang timbul di dalam fikirannya terkait betapa mengerikannya di timpa suatu masalah, sehingga dia enggan untuk menyelesaikannya dan memilih untuk pergi, orang seperti itu bisa di sebut dengan tipe (fixed mindset).

Tetapi, ada juga orang yang mengganggap bahwasanya masalah itu adalah rencana. Yang di maksud rencana itu apasih? mungkin hal ini jarang diketahui ataupun disadari oleh sebagian orang, ya wajar saja setiap orang pasti mempunyai pandangan tersendiri, tapi ketika ada orang yang menganggap bahwa masalah itu adalah rencana orang itu bisa kita sebut dengan tipe (growth mindset) ketika ada suatu masalah dia itu cenderung mengkonotasikan masalah itu dengan hal yang positive dan berfikir dinamis serta berusaha untuk mencari peluang agar bisa menyelesaikannya, karena dia berfikir bahwa setiap masalah yang ada itu pasti memilliki makna dan hikmah tersendiri yang bisa dia ambil ketika dia bisa menyelesaikanya.

Kembali lagi dengan kata “rencana” dalam suatu masalah, kenapa bisa disebut rencana? Ya karena suatu masalah itu adalah hal yang bisa menuntun kita untuk bisa lebih dewasadan berfikir bagaimana cara kita mengambil suatu tindakan, di dewasakan oleh suatu masalah itu memang tidak mudah, tapi satu hal yang harus kita ingat, orang yang bermasalah itu adalah orang yang tidak mempunyai masalah.

Masalah itu bukannlah bencana, melainkan rencana dari sang pencipta untuk membuat kita lebih dewasa. 

Penulis: M. Akmalul Fathi Firmansyah
Editor: Zulaykha Kamila 
                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama