Tumbuhkan Semangat Berhaji Muda, MAN 1 Cianjur Mengadakan Pelatihan Manasik Haji

Tumbuhkan Semangat Berhaji Muda, MAN 1 Cianjur Mengadakan Pelatihan Manasik Haji
(Foto: Marsya Niswah)

Majalah ISMA, Cianjur Kamis (13/07/2024) MAN 1 Cianjur mengadakan kegiatan pelatihan Manasik Haji di lapangan serbaguna MAN 1 Cianjur. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 07:30 sampai dengan 13:00 WIB. Kegiatan Manasik Haji ini diikuti oleh seluruh siswa/i kelas 11 MAN 1 Cianjur. Mereka diajarkan tentang berbagai tahapan dalam Ibadah Haji. Mulai dari niat, kegiatan di Arafah, kegiatan di Muzdalifah, Lempar Jumrah, Thawaf, Sa’i, hingga Tahallul.

Kegiatan Pelatihan Manasik Haji tersebut berusaha menghadirkan pengalaman nyata bagaimana siswa/siswi mengalami langsung suasana berhaji di tanah suci. Dilihat dari properti yang digunakan dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan Manasik Haji ini siswa/i dibimbing oleh Dewan guru dan panitia dari Ekstrakurikuler Keagamaan. Siswa mempraktikkan bagaimana Ibadah Haji yang baik sesuai bimbingan dari pemandu. Para siswa juga dibekali teks panduan bacaan dan tata cara haji.

Ketua umum Ekstrakulikuler Keagamaan, Ridho Rustandi menuturkan bahwa persiapan untuk acara ini berlangsung selama 5 hari. Adapun salah satu kendala yang dihadapi oleh para panitia  adalah lack of communication antar warga MAN 1 Cianjur dengan pihak panitia.

“Hal ini dapat terjadi dikarnakan kurangnya koordinasi dengan pihak pembimbing panitia dan jalur penyebaran informasi yang kurang efektif “, ujarnya.

Ridho juga mengatakan, penanganan dari kendala yang terjadi adalah panitia menganalisis terlebih dahulu akar dari masalah tersebut kemudian panitia memilih opsi mana yang paling efektif dan rasional sesuai dengan kondisi masalah yang sedang berlangsung.

“Bisa diambil dari contoh kendala sebelumnya, penyebab dari masalah tersebut karena kurangnya koordinasi dengan pembimbing dan jalan penyebaran informasi yang kurang efektif. Melihat hal tersebut, pihak panitia kemudian mengatasi masalah tersebut dengan melakukan lebih banyak koordinasi segera sebelum datang masa event”, ungkapnya.

Ridho menjelaskan, terkait dengan jalur penyebaran informasi kurang efektif, pihak panitia mengatasi masalah tersebut dengan cara menampung semua pertanyaan lalu memberikan pengarahan ulang dengan mengumumkannya sesegera mungkin.

“Selain itu, pihak panitia juga menyediakan opsi bagi para siswa yang ingin mengajukan pertanyaan lebih lanjut agar menghubungi pihak panitia yang diwakilkan KM (Ketua Murid) kelasnya masing-masing”, tuturnya.

Ridho dan seluruh panitia berharap semoga dengan adanya manasik ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dan siswi MAN 1 Cianjur terkait praktik rukun islam yang ke-6 yakni ibadah haji.

Penulis: Siti Aura Bilqis
Reporter: Sarah Salma, Rhiana Nandita Kurnia
Siti Aura Bilqis
Editor: Zulaykha Kamila 
















                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama