Upgradding Class Sebagai Pembekalan Pengurus Intra dan Ekstakulikuler dalam Bidang Kepemimpinan dan Organisasi

 

Upgradding Class Sebagai Pembekalan Pengurus Intra dan Ekstrakulikuler dalan Bidang Kepemimpinan dan Organisasi

Majalah ISMA, Cianjur - MAN 1 Cianjur menggelar acara LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)
Atau kerap kali disebut Upgrading class yang berlangsung selama 2 hari satu malam pada Jum'at, 14 Juni- Sabtu 15 Juni 2024.

Acara LDKS tersebut merupakan suatu bentuk kepedulian sekolah kepada pengurus intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang ada di MAN 1 Cianjur untuk memberikan pelatihan dan pembekalan seputar kepemimpinan dan organisasi. Acara LDKS tersebut diikuti oleh pengurus intrakurikuler dan ekstrakulikuler yang ada di MAN 1 Cianjur. Diantaranya nyaitu MPK, OSIS, Karya Ilmiah Jurnalistik (KIJ), Ekstrakulikuler Keagamaan (EKK), PMR, Paskibra, Pramuka, UKS, Kewirausahaan, Study Club, Kesenian dan Olahraga.

Dalam acara LDKS tersebut setiap perwakilan dari intrakurikuler dan ekstrakulikuler disatukan kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok yg didalamnya terdapat gabungan dari setiap eskul yang berbeda. Pembagian kelompok tersebut bertujuan untuk menambah relasi serta meningkatkan solidaritas antar setiap organisasi yang berada.

Acara tersebut bertemakan "Trailblazers Odyssey"
Trailblazers : Pelopor
Odyssey : Pengembaraan atau petualangan jauh yang biasanya ditandai dengan banyak perubahan peruntungan.
Jadi, dengan tema tersebut diharapkan kita sebagai pemimpin muda yang mampu menjadi pelopor dalam petualangan mencari hal hebat untuk dapat mengendalikan pelayaran kita dalam memimpin sehingga mampu mewujudkan perubahan yang menakjubkan. Ditambah dengan jargon yang sangat bermakna yaitu: 
Sowing : Menabur/menyemai
Building : Membangun
Creating : Menciptakan
    
Agenda utama dari acara LDKS tersebut adalah penyampaian materi yang disampaikan oleh alumni dari MAN 1 Cianjur, yaitu:
  1. Endang Muhammad Ramdan (Guru dan mentor bahasa arab: Materi Kepemimpinan dalam Islam)
  2. Siti Fadillatul Romdoni (Bendahara OSIS 2021/2022): Materi Kepemimpinan dan Transformasi Sosial)
  3. Moch Arief Putra Lengkana (CEO PT Lautan Rasa Indonesia): Materi Merancang Masa Depan Karir Melalui Strategi Management SDM yang Inovatif
  4. Siti Sahar Suganda (Wakil Ketua OSIS 2022/2023).

Selain dari penyampaian materi ada juga kegiatan lainnya, diantaranya upacara pembukaan, pos posan, ice breaking, renungan(riyadhoh), senam, pentas seni, pembagian hadiah dan upacara penutupan.

Acara tersebut sukses dilaksanakan dan para pesertanya pun sangat antusias serta merasa bahagia karena mereka mereka mendapatkan pengalaman dan pembekalan ilmu yang sangat bermanfaat.

Penulis: Ilma Syakira
Editor: Zulaykha Kamila 



                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama