Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Ilustrasi: Pexels.com

Kesehatan jiwa atau kesehatan mental adalah keadaan individu sejahtera menyadari potensi yang dimilikinya, mampu menanggulangi tekanan hidup normal, bekerja secara produktif, serta mampu memberikan kontribusi bagi lingkungannya. Hal itu juga berarti kesehatan mental mempunyai pengaruh terhadap fisik seseorang dan juga akan mengganggu produktivitas dan kualitas kesehatan fisik.

Gangguan mental atau kejiwaan bisa dialami oleh siapa saja. Data RisKesDas (Riset Kesehatan Dasar) 2018 menunjukkan prevalensi gangguan mental emosional yang ditunjukkan dengan gejala-gejala depresi dan kecemasan untuk usia 15 tahun ke atas mencapai sekitar 6,1% dari jumlah penduduk Indonesia atau setara dengan 11 juta orang.

Pada usia remaja (15-24 tahun) memiliki persentase depresi sebesar 6,2%. Depresi berat akan mengalami kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri (selfharm) hingga bunuh diri. Maka dari itu, Kesehatan mental pada remaja perlu menjadi perhatian bagi para orang tua.

Adapun cara menjaga kesehatan mental dengan cara :

  1. Terapi Psikologis; Terapi Psikologis merupakan langkah efektif untuk mengatasi kesehatan mental. Dalam terapi psikologis, anda bisa berbicara tentang perasaan, pikiran dan pengalaman kepada terapis profesional.
  2. Meditasi; Meditasi bisa membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi yang merupakan bagian dari masalah kesehatan mental.
  3. Olahraga; Olahraga bisa menghasilkan endorfin, yakni senyawa kimia dalam otak yang dapat meningkat mood dan mengurangi stres.
  4. Mengatur Pola Makan; Mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah, sayuran, ikan, dan biji-bijian akan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk fungsi otak yang optimal.
  5. Menghindari Kebiasaan Buruk; Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan terlarang, atau merokok dapat memperburuk dan  memengaruhi keseimbangan kimia otak yang bisa memperburuk gejala masalah mental.
  6. Memperkuat Dukungan Sosial; Dukungan sosial yang kuat dapat mengatasi masalah kesehatan mental.
  7. Menjaga Kesehatan Fisik; Kesehatan fisik yang optimal berdampak positif pada kesehatan mental.
  8. Tidur yang Cukup; Beristirahat yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan mental.
  9. Mengurangi Stres; Stres adalah faktor resiko utama bagi masalah kesehatan mental. Oleh karena itu, kurangi stres dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan mental yang lebih baik.
Itu dia cara menjaga kesehatan mental. Semoga setelah ini kita dapat lebih peduli terhadap pentingnya kesehatan mental di tengah maraknya kasus kejahatan yang merusak mental. See you!


Penulis: Azkia Maula Salsabila (MAN 1 Cianjur)

                                                           

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama